Covid-19 Datang, Kita Bisa Apa?

Apa dan mengapa yang dapat saya lakukan untuk melindungi diri dan mencegah penyebaran penyakit ini?

Untuk semua orang

Cari tahu informasi terbaru mengenai wabah COVID-19. Anda dapat menemukannya di laman situs WHO atau Kementerian Kesehatan RI. Sampai hari ini COVID-19 masih mempengaruhi sebagian besar orang di Tiongkok, namun beberapa negara lain bertambah. Kebanyakan yang terinfeksi mengalami penyakit yang ringan lalu pulih, tetapi sebagian yang lain bisa lebih parah.

Jaga kesehatan Anda dan lindungi orang lain dengan melakukan hal-hal berikut ini:

Cuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun dan air, atau dengan cairan pembersih tangan berbasis alkohol.

Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun dan air, atau dengan pembersih tangan berbasis alkohol, akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

Jaga jarak setidaknya satu meter dengan siapapun yang batuk atau bersin. 

Mengapa? Ketika seseorang batuk atau bersin, ada percikan dari hidung atau mulutnya yang mungkin mengandung virus. Bila Anda berada terlalu dekat, Anda bisa menghirup percikan itu, termasuk virus yang menyebabkan COVID-19, jika orang yang batuk positif COVID-19.

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. 

Mengapa? Tangan menyentuh banyak sekali permukaan benda-benda, dan virus bisa ikut terbawa. Setelah terkontaminasi, tangan bisa memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari situ, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan membuat Anda sakit.

Pastikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda menjaga kebersihan pernafasan yang baik. Ini artinya menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku tangan bagian dalam atau tisu, saat Anda batuk atau bersin. Segera buang tisu bekasnya kemudian. 

Mengapa? Percikan nafas menyebarkan virus. Dengan mengikuti standar kebersihan pernafasan yang baik, berarti Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus seperti pilek, flu, dan COVID-19.

Tinggal di rumah bila Anda merasa tidak sehat. Jika Anda demam, batuk, dan sulit bernafas, segera cari bantuan medis. Hubungi dulu mereka, jangan tergesa meninggalkan rumah. Selanjutnya ikuti arahan petugas kesehatan di daerah Anda.

Mengapa? Otoritas kesehatan pusat dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Dengan menelepon terlebih dahulu, Anda memungkinkan petugas kesehatan segera mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan (faskes) yang tepat. Hal ini juga akan melindungi diri Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

Cari informasi terbaru tentang perkembangan COVID-19. Ikuti saran yang diberikan oleh petugas kesehatan di daerah Anda, otoritas kesehatan publik di tingkat pusat dan lokal, atau perusahaan tempat Anda bekerja, tentang bagaimana melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19. 

Mengapa? Otoritas pusat dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 telah menyebar di daerah Anda. Merekalah pihak berwenang yang paling tepat untuk memberikan saran mengenai apa yang harus dilakukan warga untuk melindungi dirinya.

Untuk yang berada di atau dalam 14 hari terakhir mengunjungi daerah yang mengalami wabah COVID-19

  • Ikuti semua panduan yang diuraikan di atas

Tinggal di rumah jika Anda mulai merasa tidak sehat, bahkan kalaupun hanya gejala ringan seperti sakit kepala dan hidung meler, sampai Anda pulih.

Mengapa? Menghindari kontak dengan orang lain dan berobat ke faskes akan memungkinkan petugas faskes bekerja lebih efektif. Hal ini juga membantu melindungi diri Anda dan orang lain dari kemungkinan COVID-19 atau virus lainnya.

Jika Anda demam, batuk, dan sulit bernafas, segera cari bantuan medis karena ini mungkin disebabkan oleh infeksi pernafasan atau kondisi serius lainnya. Hubungi terlebih dahulu dan sampaikan riwayat perjalanan Anda atau kemungkinan kontak terakhir dengan turis atau pelancong.

Mengapa? Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan petugas kesehatan dapat segera mengarahkan Anda ke faskes yang tepat. Hal ini juga akan membantu mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 dan virus lainnya.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on linkedin
Share on email
Ikuti via Surel