Apa Itu Korona, Apa Pula Itu Covid-19?

Halaman ini bersumber dari penjelasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lari ke sini untuk sumber awal.

APA ITU VIRUS KORONA?

Virus korona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia, beberapa virus korona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Virus korona yang paling baru ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.

APA ITU COVID-19?

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus korona yang paling baru ditemukan. Virus dan penyakit baru ini tidak diketahui sebelum wabah dimulai di Wuhan, Cina, pada Desember 2019.

APA SAJA GEJALA COVID-19?

Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin merasakan sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan berkembang secara bertahap.

Beberapa orang dapat terinfeksi tanpa mengalami gejala apa pun dan tanpa merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit ini tanpa perlu perawatan khusus. Namun sekitar 1 dari 6 orang yang tertular COVID-19 mengalami kondisi yang memburuk hingga kesulitan bernafas.

Lansia, dan mereka yang memiliki masalah medis bawaan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau diabetes, lebih mungkin mengalami kondisi yang serius. Sekitar 2% orang yang tertular penyakit ini telah meninggal. Yang perlu diperhatikan, siapa pun yang demam, batuk, dan kesulitan bernafas, harus segera mendapatkan bantuan medis.

Baca juga:

Bagaimana Covid-19 menyebar?

Mungkinkah saya tertular Covid-19?

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on linkedin
Share on email
Ikuti via Surel