Februari 2020

Pertama kali dilaporkan seorang WNI positif korona; Kemenkes berbeda pendapat dengan WHO; Pemerintah memutuskan mengevakuasi WNI dari Yokohama; Lebih dari 1.700 pekerja kesehatan Tiongkok terinfeksi.
  • Sabtu, 1 Februari

    Pemerintah mengirim Tim Evakuasi sebanyak 42 orang dari TNI AU, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan kru Lion Group, untuk menjemput Warga Negara Indonesia di Wuhan sebanyak 238 orang. Semula ada 245 orang, namun sisanya tidak ikut dengan alasan sedang menjalani pemeriksaan kesehatan.

  • Minggu, 2 Februari

    WNI sudah sampai di Natuna. Tapi di hari yang sama, protes terjadi di dekat Bandara Raden Sadjad, persisnya di depan Mako Lanal Ranai. Aksi massa menentang kedatangan WNI dari Wuhan. Sehari sebelumnya massa yang melakukan demonstrasi di Kantor DPRD Natuna sempat dijumpai oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto.

    • Sementara Filipina mengumunkan satu warganya meninggal karena terjangkit coronavirus.

  • Senin, 3 Februari

    Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengonfirmasi sedikitnya ada 57 kematian baru akibat virus korona di wilayahnya. Dari jumlah itu, sebanyak 56 korban tewas di antaranya ada di Provinsi Hubei, yang menjadi pusat wabah. Dengan demikian, total 361 orang meninggal akibat virus korona di wilayah Tiongkok daratan. Satu orang lainnya meninggal karena virus yang sama di Filipina.

    Tiongkok menyiapkan rumah sakit baru di kota pusat wabah novel coronavirus, karena jumlah orang yang terinfeksi terus bertambah. Sampai saat ini sudah lebih dari 17 ribu kasus yang terkonfirmasi, dan angka kematian mencapai 361 orang.

    • Laporan CNN menyebut secara global terkonfirmasi ada 17.384 kasus virus korona. Kasus ini ditemukan di sedikitnya 24 negara di luar Tiongkok, termasuk Hong Kong dan Macau. Jumlah kasus terbanyak di luar Tiongkok ada di Jepang dengan 20 kasus dan Thailand (19 kasus).

  • Selasa, 4 Februari

    Jumlah korban meninggal akibat wabah virus korona melonjak menjadi 426 orang. Saat ini total ada 20.622 kasus terkonfirmasi di wilayah Tiongkok dan 24 negara lainnya. Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan pasien meninggal akibat virus korona bertambah menjadi 425 orang, setelah 64 orang dikonfirmasi meninggal dunia di Provinsi Hubei—pusat wabah virus korona.

    • Seorang warga negara Indonesia (WNI) positif tertular virus korona di Singapura. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Singapura (MOH). Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, dr Achmad Yurianto, mengatakan kasus ini akan ditangani oleh pemerintah Singapura.

  • Rabu, 5 Februari

    Garuda Indonesia menunda sementara rute penerbangan dari dan menuju Tiongkok menyusul peningkatan skala epidemi virus korona-baru dan status darurat global yang ditetapkan WHO. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah terkait penundaan sementara layanan penerbangan dari dan menuju Tiongkok yang mulai diberlakukan pada Rabu, 5 Februari 2020 Pukul 00.00 hingga waktu yang akan ditentukan lebih lanjut.

    • Sementara, otoritas Jepang memeriksa ribuan penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina. Hasilnya, 10 penumpang dinyatakan positif.

    • Hingga tengah malam waktu setempat, total 563 orang telah meninggal dan ada 28.018 kasus coronavirus yang terkonfirmasi di 31 wilayah setingkat provinsi di Tiongkok. Komisi Kesehatan juga melaporkan bahwa hingga Rabu (5/2) tengah malam, total 1.153 pasien virus korona di Tiongkok telah dinyatakan sembuh dan dibolehkan meninggalkan rumah sakit.

  • Jumat, 7 Februari

    Sebanyak 41 orang penumpang kapal pesiar Diamond Princess positif virus korona-baru setelah menjalani tes. Dengan begitu, jumlah penumpang yang terkena virus korona di kapal itu menjadi 61 orang. Pada hari ini kapal keluar dulu dari pelabuhan Yokohama untuk kemudian kembali lagi.Sekitar 3.700 orang yang berada dalam kapal pesiar Diamond Princess dikarantina di dalam kapal selama setidaknya dua minggu. Pemeriksaan dimulai setelah seorang pria Hong Kong berusia 80 tahun yang berada di kapal itu bulan lalu sakit terserang virus.

    • Di Singapura, Kementrian Kesehatan menaikan status wabah korona-baru menjadi oranye. Kode ini merupakan bagian dari sistem bernama Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON). Kenapa oranye? Karena gejala penyakit parah dan mudah menular namun tak menyebar luas di Singapura. Ada gangguan tingkat menengah pada arus perjalanan internasional seperti karantina, pengecekan temperatur, dan pembatasan pengunjung rumah sakit. Warga harus patuh pada kebijakan kontrol.

  • Sabtu, 8 Februari

    Kapal pesiar Diamond Princess dikarantina Jepang di Pelabuhan Yokohama karena virus korona. KBRI Tokyo menginformasikan ada 78 orang warga negara Indonesia (WNI) di dalam kapal tersebut.

  • Minggu, 9 Februari

    Jumlah korban meninggal karena terjangkit virus korona di Tiongkok bertambah 97 orang hanya dalam sehari. Ini angka kematian tertinggi dalam satu hari sejak kasus mulai terdeteksi. Total 908 orang telah meninggal dunia—tetapiangka kasus baru per hari semakin stabil. Di penjuru Tiongkok, 40.171 orang telah terinfeksi sementara 187.518 orang sedang dalam observasi medis. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengirim tim ahli ke Beijing untuk membantu investigasi virus baru ini.

    • Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa rata-rata masa inkubasi virus korona jenis baru adalah selama tiga hari. Namun pasien juga bisa menunjukkan gejala-gejala dalam rentang waktu satu hari hingga 24 hari, demikian ungkap ahli paru-paru asal Cina, Zhong Nanshan. Ia adalah seorang profesor medis pada Guangzhou Medical University yang juga menemukan virus korona penyebab wabah SARS pada 2003 silam.

    Korban meninggal dunia kian melonjak. Data terbaru menyebut setidaknya 803 orang telah meninggal. Angka itu menjadikan jumlah kematian akibat virus korona-baru telah melampaui epidemi SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).

  • Senin, 10 Februari

    Kementerian Kesehatan Singapura dalam laporan terbarunya menyatakan, seorang kakek berumur 71 tahun dan seorang pekerja asal Bangladesh termasuk di antara tiga kasus baru terkonfirmasi korona-baru. Pasien lain adalah seorang pria Singapura berumur 54 tahun yang bekerja di Resorts World Sentosa. Ketiga orang itu diketahui tidak memiliki kaitan dengan pasien korona sebelumnya. Ketiganya juga diketahui tidak pergi ke Tiongkok.

    Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan jumlah orang yang terinfeksi virus korona-baru sejauh ini tercatat sebanyak 43 orang. Enam orang di antaranya saat ini dalam kondisi kritis dan dirawat di ruang ICU. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya empat pasien yang berada dalam kondisi kritis.

    • Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo terus memonitor kabar 78 WNI di dalam kapal pesiar Diamond Princess yang masih dikarantina di Yokohama terkait virus korona-baru. Mereka saat ini terpantau dalam keadaan sehat.

  • Selasa, 11 Februari

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan Covid-19 (coronavirus disease-2019) sebagai nama resmi penyakit yang diakibatkan virus korona-baru di Tiongkok. Virusnya sendiri oleh Komite Taksonomi Virus Internasional disebut SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2).

    ‘COVI’ berasal dari singkatan coronavirus atau virus korona, sedangkan ‘D’ berarti Disease. Angka 19 mewakili 2019, karena virus ini pertama kali teridentifikasi pada Desember 2019. Sementara, SARS-CoV-2 adalah sindrom pernapasan akut berat virus korona tipe 2, salah satu anggota coronavirusyang mengakibatkan infeksi pernapasan COVID-19.

    Juru bicara organisasi kesehatan dunia WHO, dikutip dari npr.org, menjelaskan nama ini akan digunakan untuk seluruh spektrum kasus. Mulai dari yang ringan, sedang, hingga yang berat.

  • Rabu, 12 Februari

    Di Indonesia, Eijkman Institute for Molecular Biology berencana mengembangkan vaksin antivirus korona bekerja sama dengan instansi lain. Pada tahap awal lembaga ini bekerja sama dengan PT Biofarma.

  • Kamis, 13 Februari

    Jumlah korban jiwa di Tiongkok melonjak drastis. Hari ini, dilaporkan korban jiwa bertambah menjadi 1.361 di Tiongkok, seorang di Hong Kong dan seorang lain di Filipina, maka total korban jiwa secara global mencapai 1.363 orang.

  • Jumat, 14 Februari

    Pemerintah Tiongkok mengungkapkan lebih dari 1.700 pekerja kesehatan, yang berada di garis depan dalam menghadapi wabah virus korona-baru, telah terinfeksi. Enam di antara mereka meninggal dunia. Wakil Menteri Kesehatan, Zeng Yixin, mengatakan dokter dan perawat mempertaruhkan nyawa dalam melaksanakan tugas.

    • Jepang mengonfirmasi kasus kematian pertama terhadap pasien akibat virus corona.

  • Sabtu, 15 Februari

    Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok, selesai menjalani karantina di Natuna dan akan dipulangkan. Mereka semua dinyatakan bebas dari Covid-19.

    Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dalam jumpa pers di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur mengatakan kalau Indonesia belum terpapar Covid-19, “semua karena doa,” katanya.

  • Minggu, 16 Februari

    Seorang turis asal Tiongkok meninggal dunia di Prancis setelah tertular virus korona-baru. Ini kematian pertama di luar Asia.

    Pada akhir Januari, Prancis menjadi negara Eropa pertama yang mengalami kasus virus korona-baru. Ada 11 kasus terkonfirmasi di negara tersebut. Enam orang dirawat di rumah sakit karena penyakit yang secara resmi disebut Covid-19 ini. Pria yang meninggal dunia telah dirawat dalam kondisi kritis di rumah sakit Bichat di Paris utara, kata Menteri Kesehatan. Ia tutup usia karena infeksi paru-paru akibat virus korona. Pria itu punya anak perempuan berusia 50 tahun yang termasuk di antara enam orang yang dirawat di rumah sakit karena virus tersebut, tapi ia sudah pulih.

  • Senin, 17 Februari

    Ketika Kem Senoua Pavel Daryl terpapar virus korona-baru di Kota Jingzhou, ia tak berniat meninggalkan Tiongkok. Meski hal itu dimungkinkan. Selama 13 hari ia diisolasi di sebuah rumah sakit di Tiongkok. Ia diberi antibiotik dan obat-obatan yang biasanya dikonsumsi pasien HIV. Setelah dua pekan ia mulai menunjukkan tanda-tanda pulih. CT-scan memperlihatkan tiada jejak-jejak Covid-19. Senoua menjadi orang Afrika pertama yang diketahui terinfeksi virus SARS-CoV-2 dan yang pertama pulih.

  • Selasa, 18 Februari

    Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, bereaksi atas tuduhan Amerika Serikat (AS) yang menyebut Tiongkok telah memberikan data palsu mengenai jumlah korban yang terjangkit virus korona-baru. Wang Yi mengatakan tudingan AS bisa memperburuk hubungan kedua belah pihak.

    Jumlah korban meninggal akibat COVID-19 di Tiongkok terus bertambah. Tercatat, sudah 1.800 orang. Otoritas kesehatan Tiongkok melaporkan adanya 93 kematian baru akibat virus corona di Hubei, hari ini.

Diamond Princess Cruise, dikarantina di Pelabuhan Yokohama, Jepang. Photo: SpektatorID

  • Rabu, 19 Februari

    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan 78 WNI yang berada dalam kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Jepang telah selesai menjalani masa observasi.

    Jumlah WNI yang terkonfirmasi positif virus corona COVID-19 di Kapal Pesiar Diamond Princess bertambah menjadi 4 orang. Kabar tersebut disampaikan lewat Kementerian Luar Negeri. Ada kabar menggembirakan dari warga negara Indonesia (WNI) di Singapura. WNI yang sebelumnya terjangkit virus Corona (COVID-19) di Singapura itu dinyatakan sembuh.

  • Otoritas Hong Kong melaporkan kematian kedua akibat virus corona di wilayahnya. Pasien yang merupakan pria lanjut usia (lansia) ini meninggal dunia. Meninggalnya satu pasien virus corona di Hong Kong ini dikonfirmasi oleh seorang juru bicara Rumah Sakit Princess Margaret. Disebutkan juru bicara rumah sakit itu bahwa seorang pasien pria berusia 70 tahun meninggal dunia akibat virus corona.

  • Di Iran sebanyak dua orang dinyatakan positif terjangkit virus corona. Kementerian Kesehatan Iran menyatakan positifnya dua orang tersebut merupakan kasus pertama virus corona di Iran.

  • Kamis, 20 Februari

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ingin tenaga kerja asing (TKA) asal Cina untuk bisa segera kembali ke Indonesia. Luhut bilang terhambatnya arus balik TKA Cina di Indonesia yang pulang saat imlek memberi dampak negatif ke perekonomian.Luhut bilang ada sejumlah proyek di Indonesia yang saat ini bergantung pada tenaga kerja asing asal Cina seperti proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hingga aktivitas produksi di Morowali, Sulawesi Tengah.

  • Jumat, 21 Februari

    Wabah COVID-19 yang melanda wilayah Cina, justru bisa membuka peluang bagi industri farmasi dalam negeri. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Menkes mengatakan bahwa persediaan bahan baku farmasi Indonesia masih cukup dan pemerintah mendorong pengembangan produksi bahan baku farmasi dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan kepada negara lain.

    Jumlah korban meninggal akibat virus corona COVID-19 bertambah menjadi 2.247 orang.

  • Sabtu, 22 Februari

    Seorang pria lanjut usia di kota Padua, Italia utara meninggal setelah terinfeksi virus corona. Dia menjadi korban meninggal pertama di Italia dan juga pertama di Eropa akibat virus mematikan tersebut. Otoritas kesehatan Italia sebelumnya mengumumkan adanya 15 kasus coronavirus di wilayah Lombardy dan dua kasus di Veneto di mana Padua berlokasi.

  • Minggu, 23 Februari

    Jumlah kasus COVID-19 di Korea Selatan meningkat pesat dalam beberapa hari terakhir. Menyusul kematian ke-5 akibat virus corona, negeri gingseng menetapkan level kewaspadaan tertinggi alias ‘siaga satu’.

    Sementara, otoritas Jepang telah melakukan test PCR bagi para WNI ABK yang masih di atas kapal pesiar Diamond Princess dan saat ini menunggu hasilnya. Secara keseluruhan ada 78 WNI ABK dan beberapa di antaranya telah dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

  • Senin, 24 Februari

    Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia waswas investasi dari Tiongkok di Indonesia terganggu akibat wabah virus corona di Negeri Tirai Bambu. Ancaman virus tersebut melumpuhkan perekonomian negara tersebut. Korea Selatan (Korsel) pun sudah terjangkit virus tersebut. Namun Bahlil menegaskan investasi dari Negeri Ginseng masih normal. Yang dia cemaskan adalah investasi dari Tiongkok.

    Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah Indonesia berhati-hati soal upaya evakuasi WNI yang negatif Corona dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang. Terawan tidak ingin Indonesia menjadi episentrum baru wabah virus Corona. Terawan tidak ingin pemerintah mengambil keputusan gegabah. Negosiasi secara intens masih dilakukan antara Indonesia dengan Jepang.Terawan menegaskan Indonesia sampai saat ini masih nihil kasus Corona. Terawan tidak ingin Indonesia seperti Australia yang awalnya negatif, menjadi positif kasus Corona.

  • Selasa, 25 Februari

    Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada para pembantunya terkait dampak wabah virus Corona atau COVID-19 yang membuat sejumlah negara waspada. Namun arahan Jokowi saat rapat terbatas hanya fokus pada dampak ekonomi. Bagaimana mitigasi kesehatannya? 

    Terdapat empat poin yang ditekankan Jokowi dalam rapat yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta Pusat. Sayangnya, dari empat poin itu, tak satu pun yang menyinggung soal mitigasi kesehatan. Bahkan hingga kini, pemerintah mengklaim masih bebas virus Corona yang meresahkan banyak negara itu.

    Pemerintah mengobral sejumlah insentif untuk membendung pengaruh Corona atau Covid-19 ke sektor ekonomi. Insentif cukup mencolok diberikan ke sektor pariwisata yang terdampak cukup parah.

    Selain itu, Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Achmad Yurianto, merujuk pendapat di luar WHO, ia bilang jika SARS-CoV2 adalah bentuk mutasi dari covid-19 yang ditengarai menjadi jinak dengan tanda-tanda minimal. 

  • Rabu, 26 Februari

    Untuk pertama kalinya sejak virus corona menyebar, jumlah kasus baru yang dilaporkan di luar Tiongkok dalam satu hari lebih besar daripada yang dilaporkan di Cina, ini disampaikan oleh Tedros Adhanom Ghebreyesus dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Di luar Tiongkok, kini terdapat 2.790 kasus virus corona di 37 negara, 44 pasien dilaporkan meninggal.

  • Kamis, 27 Februari

    Update virus corona COVID-19 hari ini jumlah korban meninggal mencapai 2.799 orang atau bertambah sekitar 39 orang sejak Rabu (26/2/2020) pagi hingga Kamis pagi ini. Jumlah yang terinfeksi COVID-19 juga terus bertambah, dari 80.994 kasus kemarin menjadi 82.152 pagi ini. Meski begitu, jumlah yang sembuh atau berhasil melawan virus ini juga menunjukkan angka yang cukup signifikan, dari 30.001 yang dinyatakan sembuh pada Rabu, pagi ini jumlah yang sembuh bertambah menjadi 32.814 orang.

    KBRI dan IIPC Seoul ditutup sementara sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona tipe baru (COVID-19). Penutupan ini dilakukan sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian, berhubungan dengan satu kasus terkonfirmasi pasien COVID-19.

  • Jumat, 28 Februari

    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, petang hari ini, telah melepas tim evakuasi 68 WNI di Kapal Diamond Princess Yokohama Jepang dengan menggunakan pesawat milik Garuda Indonesia. 

    Komisi Kesehatan Nasional Cina (NHC) melaporkan 47 kematian baru akibat virus corona COVID-19. Semua kecuali dua dari kematian itu berada di Provinsi Hubei, tempat pertama kali virus corona diidentifikasi. Penambahan 47 kematian itu membuat total korban tewas di Cina menjadi 2.835 sejak dimulainya wabah pada Desember tahun lalu. Sebanyak 87 orang lainnya meninggal karena virus corona COVID-19 di luar Cina.

    Sementara, wabah virus corona di Iran tidak memandang jabatan, salah satu yang terkena virus COVID-19 adalah Wakil Presiden urusan Keluarga dan Perempuan Masoumeh Ebtekar serta Wakil Menteri Kesehatan Iraj Harirchi. Meski begitu, kasus Wapres Ebtekar masih dalam skala ringan dan belum perlu dirawat di rumah sakit. 

    Setidaknya terdapat dua orang yang meninggal saat statusnya suspect Virus Corona atau COVID-19. Sebelumnya mereka diisolasi di RS Badan Pengusahaan Batam dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi di Semarang. Pasien yang dirawat di Batam tersebut ialah, Alias bin Ali (61). Dia warga negara Singapura. Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam mengatakan, hasil tes akhirnya Ali tak terjangkit Corona. Meski begitu, kata Didi, Ali menderita pneumonia.

    Sedangkan yang di Semarang, pasien suspect Corona berjenis kelamin laki-laki dan berumur 37 tahun. Menurut Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUP Dokter Kariadi Nurdopo Baskoro, pasien tersebut datang dengan keluhan medis pernafasan yang cukup berat.

  • Sabtu, 29 Februari

    Sebanyak 68 kru Kapal Diamond Princess yang sedang dalam proses evakuasi akan diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta selama 28 hari masa inkubasi. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Achmad Yurianto di Jakarta, mengatakan para WNI yang dijemput dari Yokohama Jepang itu akan menjalani masa observasi di gedung yang terpisah dengan 188 WNI dari Kapal World Dream. 

    Jumlah korban meninggal akibat COVID-19 yang disebabkan virus corona mencapai 2.922 orang Menurut catatan Johns Hopkins CSSE, yang terjangkit virus ini juga semakin bertambah yaitu 85.146 kasus di seluruh dunia.Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Persatuan RS Seluruh Indonesia, Hermawan Saputra menilai Indonesia masih lemah dalam pengawasan virus Corona atau COVID-19. 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on linkedin
Share on email
Ikuti via Surel